BEBERAPA PO. BUS YANG ADA DI INDONESIA DAN RUTENYA
1. PO. Sinar Jaya Megah Langgeng
Nah Kalian Sudah Tahu belum ada salah satu po bus yang mempunyai corak/gambar seperti pelangi pada sampingnya sampai saat ini banyak sekali bus/unitnya yang sering sekali kita temui dijalan kan?
nah jadi bus yang sering kita temui itu adalah salah satu bus milik PO.SINAR JAYA MEGAH LANGGENG.

dan, apakah kalian tahu berapa total unit atau bus AKAP yang dijalankan oleh PO.SINAR JAYA MEGAH LANGGENG saat ini?

PO.SINAR JAYA MEGAH LANGGENG memiliki unit atau bus armada yang berjalan AKAP adalah ± 1.003 unit

Sejarah dan Perkembangan Singkat Awal Dari PO.Sinar Jaya Megah Langgeng
PO.Sinar Jaya Megah Langgeng Awalnya didirikan pada tanggal 18 November 1986 oleh Herman Rusly Dan Haji Rasidin Karyana, Nah PO. ini bermarkas di Jalan Diponegoro 75, Tambun, Bekasi (Markas dan sekaligus POOL dari PO. Sinar Jaya)
Sejarah Armada Awal - Sampai Sekarang :
- Armada Awal Dari PO.Sinar Jaya Megah Langgeng dulu hanya 14 unit medium yang melayani route jarak pendek saja yaitu dari Cikarang - Pula Gadung (Jakarta Timur).
- Pada Tahun 1982 PO.Sinar Jaya Megah Langgeng memasuki layanan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dengan 10 unit big bus saja.
-Lalu PO.Sinar Jaya Megah Langgeng memutuskan untuk meluaskan Rute pertamanya pada tahun 1980-an
rute AKAP yang dibuka pertama kali pada saat itu adalah :
1. Jakarta - Pekalongan
2. Jakarta - Cirebon.
-Lama Kelamaan Rute Tersebut Bertambah Luas sampai dengan Ke Purwokerto, Wonosobo, dan cilacap
Itu Lah Yang menjadikan sinar jaya terkenal di jalur pantura jawa.
-Pada Tahun 1990-an, armada PO.Sinar Jaya Megah Langgeng terus bertambah dan diperluasnya rute hingga berbagai kota di jawa tengah dan jawa barat.
-Pada Tahun 1994, PO.Sinar Jaya Megah Langgeng membuat kantor cabang didaerah Brebes, Jawa tengah Dan juga mendirikan SPBU untuk mendukung operasional armadanya.
-Pada Tahun 1995, PO. Sinar Jaya meluncurkan layanan armada pariwisata serta antar jemput pada karyawannya melalui PT.Sinar Jaya Langgeng Utama.
-Pada Tahun 1990-2000 an, PO.Sinar Jaya Megah Langgeng semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dikenal sebagai bus "sejuta umat" karena tarifnya yang begitu terjangkau dan armada yang sangat banyak.
-Memasuki Tahun 2010 an, PO. Sinar Jaya Megah Langgeng memperluas jaringannya ke berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan jawa barat bagian selatan.
-Pada Tahun 2019, PO. Sinar Jaya menjadi pionir dari Suites Class atau Sleeper Bus mewah di Indonesia dengan kursi rebahan 180° nya
-sampai sekarang, PO. Sinar Jaya terus berkembang dengan banyaknya armada pilihan.
Beberapa Rute Armada Bus dari PO.Sinar Jaya
- AKAP ( Antar Kota Antar Provinsi) Reguler :
Jakarta - Surabaya, Yogyakarta, Solo, Cilacap,. Purwokerto, Wonosobo, Malang, Semarang, Tegal, Magelang, Surabaya.
- Suites Class / Sleeper class :
Poris-Jember, Malang, Banyuwangi, Bali
- Eksekutif (Legrest) :
Poris-Malang, Pondok Cabe-Kroya, Bandung-Yogyakarta
-Shuttle Bus :
Bandara shoetta - kelapa gading - Sedayu city, bogor, Tegal, dan Lasem
2. PO.Rosalia Indah
---
Sejarah Singkat & Awal Berdirinya PO. Rosalia Indah
PO Rosalia Indah didirikan pada tahun 1983 oleh pasangan Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso. Armada pertama mereka hanyalah 1 kendaraan Colt Diesel bernama Bibit Kawit, yang melayani trayek Solo–Blitar PP.
Pada tahun 1991, armadanya berkembang menjadi 5 unit bus “Bumel Non-AC” bermesin Hino AK, dan perusahaan secara resmi bertransformasi menjadi BPU (Biro Perjalanan Umum) Rosalia Indah.
---
Perkembangan Armada & Layanan Premium
Saat ini, armada dari PO. Rosalia Indah telah berkembang pesat hingga mencapai sekitar 398 unit, meskipun tidak semuanya aktif beroperasi.
PO ini dikenal sebagai pemegang Rekor MURI untuk armada bus tingkat (Double Decker) terbanyak di Indonesia.
---
Ragam Kelas Armada
PO Rosalia Indah menyediakan berbagai kelas layanan untuk memenuhi kebutuhan beragam penumpang:
1. Executive Plus SHD
2. Executive Plus UHD (Jetbus 3+ Ultra High Deck, sasis tronton, 34 kursi 2-2)
3. Super Top SHD (kursi lebar 2-1, dilayani pramugara/pramugari)
4. Double Decker tersedia dalam:
Executive Plus DD (dek atas)
Super Top DD (dek bawah)
First Class (kursi sleeper, layout 1-1, plus layanan makan dan guling)
---
Ekspansi Armada dan Pembaruan
Pada pertengahan 2024, PO ini menambah 10 unit bus baru berkaroseri Laksana (Legacy SR3 New Transporter) berbasis sasis Mercedes OH 1626L (Air Suspension) EURO 4. Ini merupakan bagian dari program peremajaan armada dan persiapan ekspansi rute.
---
Rute dan Jangkauan Layanan
Rosalia Indah melayani lebih dari 250 rute perjalanan per hari, dengan sekitar 275 agen yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.
Rute populer dan terbaru meliputi:
Solo – Blitar (awal berdiri), kemudian berkembang ke Jogja – Surabaya, Yogya – Blitar/Malang
Jember – Palembang (lintas-pulau)
Ponorogo – Bitung (Banten) dengan layanan Eksekutif Plus, armada reclining, USB port, makan, TV, AC, toilet, dan fasilitas lengkap lainnya (aktif sejak Desember 2024)
Jogja – Bekasi – Jakarta – Tangerang, layanan Executive Plus dengan kapasitas 30 kursi, fasilitas reclining seat, hiburan, makan—berangkat dari Yogyakarta
---
Pelayanan Pelanggan & Teknologi
Rosalia Indah Contact Center (RICC) diluncurkan Oktober 2022, beroperasi 24/7 untuk melayani pemesanan tiket, perubahan jadwal, refund, pengaduan, dan layanan lainnya melalui telepon, email, maupun WhatsApp.
Mereka juga dikenal sebagai PO pertama yang menghadirkan pramugara dan pramugari dalam armada bus mereka sebagai daya tarik layanan premium.
---
Ringkasan Sorotan Utama PO. Rosalia Indah
Aspek Rincian
Tahun Berdiri 1983 (Solo–Blitar)
Armada Awal 1 Colt Diesel (“Bibit Kawit”)
Armada Saat Ini ±398 unit, termasuk Double Decker terbanyak
Kelas Layanan Executive Plus, UHD, Super Top, Double Decker, First Class
Pembaharuan Armada 10 unit baru (2024) dengan sasis Mercedes EURO 4
Rute Utama Terbaru Ponorogo–Bitung, Jogja–Jakarta–Tangerang, Jember–Palembang
Layanan Pelanggan Agen di Jawa & Sumatera, RICC 24/7, pramugara/pramugari
---
3. PO. Agra Mas
---
Sejarah & Identitas Perusahaan
PO Agra Mas, dikenal juga sebagai "Semut Merah", adalah perusahaan otobus yang bergerak di layanan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) di Pulau Jawa. Dikenal karena inovasi armada dan layanan premium, Agra Mas terus memperluas jaringan dan kelas layanan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.
---
Kelas Armada & Fasilitas
1. Super Double Decker (SDD)
Tersedia kelas Sleeper: konfigurasi kursi 1-1, reclining, lengkap dengan AVOD, USB, bantal, selimut, toilet, dan service makanan.
Sasis: Scania K410IB (Yogyakarta–Jakarta–Bogor) .
Ada juga bodi Jetbus 3+ (Adiputro) dengan sasis Scania, dilengkapi LED running text, sleeper & dispenser di dek bawah .
2. Suites Combi / Suites Family
Gabungan Super Eksekutif dan Sleeper dalam satu bus dengan konfigurasi kursi 2-1.
Sleeper dilengkapi AVOD, TV android, bantal, selimut, legrest, dan layanan makan.
Sasis: Hino RM280. Contoh rutenya: Pacitan–Wonogiri–Bogor .
Rute baru Bubulak (Bogor)–Bojonegoro mulai Maret 2025 .
3. Super Eksekutif
Kursi reclining konfigurasi 2-2 dengan fasilitas lengkap: bantal, selimut, pemberi minuman, WiFi, USB, lampu baca, dan AVOD .
4. Eksekutif
Kursi 2-2 dengan sandaran kaki, AC, TV, lampu baca, bantal, selimut. Kapasitas 32–34 kursi.
Melayan rute seperti Jakarta–Solo, Bogor–Pacitan, Tangerang–Wonosari, Yogyakarta–Bogor, dan lainnya .
---
Rute Utama & Terbarunya PO. Agra Mas
Kelas Layanan dan Rute Unggulan & Barunya
Sleeper / Suites Family : Bubulak (Bogor) – Bojonegoro (maret 2025) ; Rajeg – Malang (Via Poris) ; Poris – Sragen
Executive : Jakarta–Solo, Jakarta–Kudus (Rp580 ribu)
Super Double Decker Bogor–Jogja, Wonogiri–Bogor, Bogor–Wonogiri ; Jakarta–Solo (Suite Class Combi & Executive)
AKAP umum Rute luas di berbagai kota di Pulau Jawa
Pengalaman pengguna Wonogiri–Jakarta: Rute malam, makan di RM Kendil Mas, nyaman tidur. Harga sekitar Rp350 ribu
YouTube POV Bogor–Wonogiri dengan SDD Volvo: sleeper Rp360 ribu, double ex legrest Rp280 ribu ; Jakarta–Malang Suites Class: 12–14 jam, tarif Rp570 ribu
---
Kesimpulan Singkat
PO Agra Mas terkenal dengan kelas layanan premium, seperti Double Decker, Sleeper, dan Suites Family, yang dilengkapi fasilitas modern dan kenyamanan tinggi.
Rute tersebar luas di Pulau Jawa, termasuk rute baru seperti Bogor–Bojonegoro, Poris–Sragen, dan Rajeg–Malang.
Harga tiket bervariasi tergantung kelas—Sleeper umumnya Rp350 rb–550 rb, sementara eksekutif mulai dari sekitar Rp270 rb hingga Rp580 rb.
---
4. PO. Harapan Jaya
PO Harapan Jaya, juga dikenal sebagai "Kuda Oranye dari Tulungagung " — mencakup sejarah, rute, kelas layanan, armada, inovasi, dan keselamatan"

---
Sejarah & Identitas dari PO. harapan jaya
Didirikan tahun 1977 oleh Harjaya Tjahjana di Tulungagung, Jawa Timur. Awalnya mengoperasikan hanya 3 unit bus dengan rute Tulungagung – Kediri – Surabaya PP.
Ikon khas: livery putih-oranye dengan lukisan kuda, menjadi ciri khas yang menyebutnya "Kuda Oranye".
---
Ekspansi Rute & Layanannya
pada tahun 1993: Harapan Jaya membuka rute panjang seperti Tulungagung – Solo – Jakarta, memperluas jaringan AKAP.
Layanan terus berkembang hingga mencakup:
Rute Malang – Merak (kelas VIP sejak Oktober 2024)
Malang – Lampung, Blitar – Yogyakarta – Magelang, bahkan Surabaya – Palembang
Layanan AKDP (antar dalam provinsi) seperti rute Trenggalek–Blitar–Tulungagung–Surabaya, tersedia pilihan kelas ekonomi (AC/non-AC dan PATAS).
---
Armada & Inovasi Layanan
Armada mencakup berbagai sasis: Hino, Mercedes-Benz, Volvo, dan Scania. Model bodi: Tentrem (Seperti Avante, Avante D2), juga sasis langka Hino RM380 (dua unit).
Desember 2023: Luncurkan 3 unit bus baru AKAP — SR3 Double Decker (Volvo B11R 6×2), dengan konfigurasi Sleeper Seat & Executive Plus.
Juga hadir Avante H7 (Tentrem) dengan sasis Hino RM280ABS – layanan Super Suite (22 kursi kapsul sleeper, AVOD, toilet, dispenser).
Oktober 2023: Hatirkan 4 layanan unggulan dengan fokus pada keamanan penumpang, pelatihan kru, dan medical check-up rutin.
---
Layanan Premium & Fasilitas
Super Luxury Class (Bogor–Malang): kursi 2-1 reclining, bantal, selimut, kursi pijat, makan dua kali, kopi gratis (sekitar Rp 425.000).
First Class: kabin paling eksklusif—hanya 4 kursi, sisanya sleeper; hadir di rute seperti Blitar–Jakarta dengan bodi Legacy SR3 Suites Combi single glass.
Bus baru model Legacy SR3 Neo XHD Panorama memiliki kaca depan single glass panorama dan kabin ganda (First Class dan Eksekutif).
---
Ringkasan Singkat
Aspek Detail
Didirikan 1977 di Tulungagung
Identitas Livery : kuda oranye, PO AKAP & AKDP
Ekspansi Rute : Rute Jabodetabek, Jawa, Sumatra (Malang–Merak, Lampung, Palembang)
Jenis Armada : Hino, Mercedes, Volvo, Scania; bodi Tentrem & Laksana ; sleeper & DD
5. PO. Haryanto
Berikut saya deskripsikan lengkap mengenai PO Haryanto — sebuah perusahaan otobus Indonesia yang tumbuh pesat dari Kudus, Jawa Tengah menjadi salah satu PO besar di Pulau Jawa dan sekitarnya:
---
Sejarah dan Awal Berdiri
PO Haryanto (PT Haryanto Motor Indonesia) mulai berdiri pada tahun 2002, didirikan oleh H. Haryanto, seorang mantan anggota TNI dari Kudus. Awalnya, Haryanto membeli 6 bus trayek Cikarang–Cimone dengan uang pinjaman bank. Namun, trayek tersebut tidak berjalan baik karena sepinya penumpang .
Atas dorongan ingin lebih berkembang, Haryanto merubah model bisnis menjadi armada kelas eksekutif, dengan rute seperti Jakarta–Kudus, Jakarta–Pati, dan Jakarta–Jepara .
Di tahun 2009, PO Haryanto berekspansi ke luar Muria Raya, membuka rute Jakarta–Pamekasan–Sumenep di Pulau Madura . Lalu di tahun 2012, perusahaan memperluas layanan ke wilayah selatan Jawa dengan rute Jakarta–Solo–Ponorogo, serta ke kota-kota seperti Klaten, Gemolong, Bojonegoro, dan Purwodadi .
---
Pertumbuhan Armada
Dari 5–6 unit bus di awal operasi, kini PO Haryanto telah berkembang memiliki ±250 unit armada .
Pada tahun 2023, perusahaan juga memesan 40 unit bus baru Mercedes-Benz sasis OH 1626 untuk persiapan angkutan Lebaran .
Tahun 2022, tambahan 6 bus baru dari karoseri Adiputro hadir dengan livery warna oranye, hijau, dan ungu, menunjukkan lebih banyak keberagaman armada .
---
Armada & Kelas Layanan
PO Haryanto menyediakan tiga kelas layanan utama:
1. Eksekutif — kursi 30 tempat duduk.
2. VIP — kursi 34 tempat duduk.
3. Patas — kursi 48 tempat duduk .
Fasilitas pada bus meliputi:
AC, TV, audio, toilet
Kursi reclining
Bantal, selimut
Snack box, charging point
WiFi (pada beberapa layanan) .
---
Rute Layanan
Rute Populer:
Jakarta – Semarang (PP), dengan beragam titik keberangkatan seperti Pondok Pinang, Grogol, Pinang Ranti, Pulo Gebang; harga tiket sekitar Rp189.000–231.000 .
Tangerang – Semarang, dari Bumi Serpong Damai atau Poris Plawad menuju Semarang; tarif sekitar Rp210.000–231.000 .
Rute Lintas Daerah:
Wonogiri – Sukabumi/Tangerang/Bogor (eksekutif) dengan harga Rp231.000; fasilitas lengkap seperti TV, snack box, toilet, bantal, selimut .
Tangerang – Yogyakarta/Wonogiri (eksekutif) sekitar Rp240.000 .
Jakarta – Pacitan/Ponorogo/Rembang (eksekutif), tarif sekitar Rp240.000 .
Bogor – Malang (super eksekutif) sekitar Rp380.000 — dilengkapi WiFi, charger, lampu baca .
Merak – Sumenep (double decker), mulai dari Rp400.000–600.000 .
Cakupan Rute:
PO Haryanto kini melayani lebih dari 20 kota di Pulau Jawa, termasuk Jawa Tengah, Timur, dan Madura .
---
Identitas & Citra Perusahaan
Kantor pusat berada di Kudus, Jawa Tengah, dengan alamat di Jl. Lingkar Timur, Krasak, Ngembal Kulon, Kecamatan Jati .
Bus PO Haryanto dikenal dengan kecepatan relatif tinggi pada rute Jawa Tengah dan Jakarta, banyak diekspos sebagai bus "cepat" di komunitas pecinta otomotif .
---
Ringkasan Singkat
Aspek Detail
Didirikan : pada tahun 2002 oleh H. Haryanto di Kudus, Jawa Tengah
Awal Armada : 5–6 bus rute perkotaan (Cikarang–Cimone)
Ekspansi Awal Rute AKAP: Jakarta–Kudus, Jepara, Pati
Ekspansi Rute tahun 2009: ke Madura (Jakarta–Sumenep), 2012: selatan Jawa
Armada Saat Ini ≈250 unit bus; tambahan 40 unit Mercedes-Benz dipesan
Kelas Layanan : Eksekutif, VIP, Patas
Fasilitas : AC, TV, toilet, bantal, selimut, WiFi, USB
Rute Populer: Jakarta–Semarang, Bogor–Malang, Merak–Sumenep, dsb.
Citra Bus cepat, dikenal di komunitas otomotif
Kantor Pusat Kudus, Jawa Tengah
---
Komentar
Posting Komentar